Untuk melihat tampilan baru, silahkan ke wancil.net

ARSIP LITERATUR

Jika tulisan pada halaman ini terlalu kecil, para pengguna Windows silahkan menekan tombol: CTRL dan tanda plus (+) secara bersamaan.
Pada pengguna MAC: CMD (tombol Apple) dan tanda plus (+) bersamaan.
Beberapa dokumen/artikel disimpan dalam bentuk PDF. JIKA komputer yang Anda gunakan tidak mempunyai pembuka dokumen PDF seperti Adobe Acrobat Reader, atau Foxit Reader silahkan mendownloadnya di sini. Pilih "Download Foxit Reader 2.0 (ZIP Package: .zip, 1.80 MB)".

Umat Tuhan, Kenali Sembahan Anda.
Ada kerancuan dalam penginjilan yang dilakukan oleh banyak Penginjil karena di satu sisi mereka memperkenalkan Yesus sebagai Sembahan yang benar tetapi di sisi lain mereka juga menyembah Tuhan dari orang-orang yang mereka injili. Amburadul jadinya! Menjadi tidak berwibawa penginjilan yang dilakukan tersebut karena para Penginjil dan juga orang-orang Kristen umumnya masih menganggap enteng urusan nama. Dipukul rata saja, dengan dalih: semua nama tersebut (Allah, Debata, Lowalangi, dll) tidak apa-apa untuk disembah, sama saja semua, “yang terpenting hati”. Saudara Pembaca yang dikasihi Yesus, sadarkah Anda bahwa sikap yang demikian membuat Anda menjadi seorang yang memiliki dua Tuhan? Bahkan tiga, empat Tuhan? “Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada TUHAN dan kepada Mamon”.

TETAPI MANUSIA TIDAK MEMPERHATIKANNYA...
Sadarkah kita manusia, bahwa kita tidak lebih dari makhluk hina ciptaan Tuhan? Namun, perilaku berdoa yang bagaimana yang telah kita laksanakan di masa lalu? Apakah doa-doa yang anda panjatkan bermental ‘kere’ (pengemis)? Yang isinya hanya permintaan melulu? Sehingga Tuhan hanya diperlakukan sebagai pelaksana keinginan manusia belaka? Diperlakukan sebagai ‘bedinde’ (pesuruh) yang disuruh melakukan ‘ini -itu’? Lebih parahnya, ‘bedinde’ biasanya beroleh upah yang layak, pelbagai kebutuhan mereka dipenuhi, bahkan ada yang sampai diberi kamar-pribadi yang dilengkapi dengan TV-pribadi! Namun ‘Pesuruh” Yang Satu itu tidak pernah kita pikirkan kepentinganNya. Betapa konyolnya sikap manusia! Maka tulisan ini hanya berguna bagi mereka yang mau (belajar) perduli akan kepen-tingan Tuhan Yesus. Atau bagi mereka yang ingin maju di dalam kehidupan rohani. Tulisan ini tidak berguna bagi mereka yang sudah merasa O.K., sudah sejahtera dalam kehidupan mereka, atau sudah merasa bergaul bagus dengan Tuhan. Bagi dua golongan yang disebut pertama, Penulis mengucapkan Selamat Membaca, dan raih-lah berkat rohani dari Yesus Kristus. Amin!

Absalom oh Absalom...
Banyak hamba Tuhan menyadari betapa nekatnya Iblis memanfaat-kan SETIAP PERANGKAT yang dimilikinya, demi menyesatkan atau sekedar menggocoh manusia, agar menderita kerenggangan hubungan dengan TUHAN. Namun tidak banyak hamba Tuhan yang mengerti bahwa akar-pahit atau LUKA-BATIN merupakan perangkat yang sangat ampuh bagi si Iblis, si pembunuh , untuk membinasakan orang atau membunuh-rohani manusia! Lebih menyedihkan lagi, nyaris tidak ada hamba Tuhan yang menyadari adanya WABAH PENYAKIT ROHANI, yang timbul oleh penyebaran LUKA BATIN, sebagai alat pembunuh-massal yang ampuh, digunakan si Iblis untuk memporak-porandakan persekutuan umat Tuhan! Mengakibatkan banyak Gereja yang mati-rohani, kehilangan kesaksian tentang kuasa Yesus Kristus, yang seharusnya menjadi sandaran hidup umat Kristiani!!

Alberto
Buku ini diterjemahkan dari ALBERTO, buku pertama dari enam buku yang mengisahkan tentang DR. ALBERTO RIVERA, seorang mantan pastor dari Ordo Jesuit, yang disampaikan kepada Chick. Ibunya DR. Rivera, Theresa Rivera, adalah seorang yang sangat taat kepada Lembaga Katolik Roma. Ia tidak pernah absen dalam misa, dan penyerahan hidup pada Bunda Maria dan imamnya tidak diragukan. Namun demikian ternyata ia meninggal di luar Kristus. Dona Isabella, dan juga berjuta-juta lainnya memiliki keberanian untuk berdiri menentang sistem Lembaga Katolik Roma tersebut dan telah menjadi korban demi Juruselamatnya. Berdoalah kiranya Tuhan Yesus juga mengaruniakan keberanian yang mereka miliki kepada kita sehingga kita dapat dengan berani meninggikan Yesus Kristus dan membawa banyak orang kepadanya.

Empat Penunggang Kuda
The Four Horsemen (Empat Penunggang Kuda) merupakan buku kelima dari enam seri buku yang berisi kesaksian DR. Alberto Rivera mengenai sistem Lembaga Katolik Roma. Dalam buku ini dikisahkan mengenai apa yang dilakukan Lembaga Katolik Roma terhadap orang-orang yang tidak mau ikut di dalam sistem atau ajaran Katolik Roma, serta nubuatan dalam kitab Wahyu mengenai lembaga keagamaan ini. Sebelum anda membaca buku ini lebih jauh, baiklah anda berdoa terlebih dahulu.

Anak Tuhan atau anak iblis ?
Kelepasan yang lebih tuntas diperoleh apabila seseorang dilayani secara pribadi secara empat mata, oleh seseorang hamba Tuhan yang berkompeten. Pelayanan secara umum menghasilkan kelepasan yang umum, sementara mungkin saja tertinggal ikatan-ikatan yang khusus, yang samar, yang tidak segera terlihat, bahkan oleh hamba-hamba Tuhan. Hal itu disebabkan keahlian Iblis menyelubungi hasil karya (perusakan) yang dilakukannya terhadap manusia. Kerendahan hati seseorang, sehingga ia mampu memasuki pelayanan-pribadi (empat mata) biasanya membawa berkat khusus: Roh Yesus berkarya bersama kedua orang itu, mengingatkan ikatan Iblis yang mungkin selama ini tersembunyi, sehingga kelepasan ybs. lebih tuntas dan lebih indah; terpujilah Tuhan Yesus Kristus; Shalom.

PERGAULAN KARIB TUHAN DENGAN HAMBANYA
Pembaca yang terkasih, banyak orang Kristen tidak menyadari nilai dirinya yang luhur di hadapan Tuhan Yesus. Umat Kristiani harus menyadari bahwa TUHAN, Pencipta semesta, telah menciptakan manusia menurut gambar dan rupa Kita... . Mengapa menurut gambar dan rupa Tuhan? Agar layak menjadi teman bergaul bagi Tuhan. Mzm.25:14 di atas menunjukkan bahwa TUHAN sungguh ingin bergaul karib dengan manusia. Namun pergaulan karib itu hanya berlangsung dengan manusia yang takut akan Dia. Bagaimana pula arti kata 'takut akan Tuhan'? Mzm.34:12-15 menjelaskannya: <12> Marilah anak-anak, dengarkanlah aku, takut akan TUHAN akan kuajarkan kepadamu! <13> Siapakah orang yang menyukai hidup, yang mengingini umur panjang untuk menikmati yang baik? <14> jagalah lidahmu terhadap yang jahat, dan bibirmu terhadap ucapan-ucapan yang menipu; <15> jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik, carilah perdamaian dan berusahalah untuk mendapatkannya.

di kala Ιησουζ (Iesous) menyangkali YaHWeH .pdf
Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Yang Maha Pencipta (YMP). Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus,...”

Pandangan INJIL terhadap UPACARA ADAT BATAK (bab 1).pdf
Persoalan besar dan sangat penting yang dihadapi oleh seseorang yang memutuskan untuk sungguh-sungguh mengikut Tuhan Yesus adalah: apakah dia masih boleh terlibat dalam upacara adat Batak yang berasal dari masa ketika leluhurnya hidup dalam kegelapan rohani (haholomon) dan penyembahan berhala (hasipelebeguon). Permasalahan tersebut muncul ketika Injil Tuhan Yesus diberitakan pertama kalinya oleh para Missionaris di Tanah Batak, dan terus berlanjut hingga masa kini. Persoalan ini belum tuntas diselesaikan, baik sewaktu Pdt. I.L. Nommensen masih hidup, pada masa gereja dipimpin para Missionaris penerusnya, maupun pada masa pimpinan gereja berada di tangan orang Batak sendiri.

Pandangan INJIL terhadap UPACARA ADAT BATAK (bab 2).pdf
Sinkretisme dalam kehidupan orang-orang Batak didasarkan pada pemahaman, bahwa upacara adat itu hanya merupakan suatu kebiasaan yang diwariskan oleh leluhur. Karena itu keberadaannya perlu dilestarikan dengan cara menyingkirkan beberapa hal yang dinilai mengandung unsur Hasipelebeguon seperti: perdukunan (Hadatuon), kesurupan (siar-siaran), pembuatan patung-patung (gana-ganaan), jimat (parsimboraon), menyembah setan (mamele begu) dan hal-hal lainnya. Hasipelebeguon itu hanya sebagian dari bentuk tipuan yang dimainkan oleh iblis. Di luar itu, masih banyak lagi bentuk hasipelebeguon lain yang sangat dibenci oleh Tuhan. Hasipelebeguon itu mengambil bentuk yang lebih halus, sehingga sekilas bisa dianggap tidak bertentangan dengan Firman Tuhan.

Pandangan INJIL terhadap UPACARA ADAT BATAK (bab 3).pdf
Satu lagi masalah rohani yang besar di tengah-tengah bangsa Batak adalah amraknya pembangunan tugu-tugu marga dan makam/kuburan keluarga yang megah sejak tahun lima puluhan. Masing-masing marga berlomba untuk membangun tugu marga mereka. Sehingga pada tiap kantong-kantong (bona pasogit) marga, kita dapat menjumpai berdirinya tugu marga. Keluarga-keluarga Batakpun berlomba ingin membnagun kuburan megah bagi anggota keluarganya yang telah mati. Tugu dan kuburan itu dibangun dengan berbagai model, dimana dananya berasal dari sumbangan seluruh keturunan marga tau anggota keluarga masing-masing.

Pandangan INJIL terhadap UPACARA ADAT BATAK (bab 4).pdf
Panggilan Tuhan merupakan salah satu dasar yang sangat penting dalam menyikapi masalah upacara adat. Pengertian akan panggilan Tuhan akan memberikan dasar yang lebih kokoh dan Alkitabiah, untuk mengerti siapakah yang dimaksud dengan orang yang percaya kepada Tuhan Yesus, dan apakah yang dikehendaki-Nya untuk dilakukan oleh mereka yang percaya? Alkitab menceritakan berbagai panggilan yang Tuhan berikan kepda banyak orang sepanjang abad. Panggilan Tuhan dapat dibedalan atas dua jenis, yaitu: Panggilan umum dan panggilan khusus. Panggilan umum diberikan oleh Tuhan kepda semua orang, tidak didasarkan perbedaan suku bangsa, ras, agama, golongan, pendidikan dan lain-lain, misalnya adalah pemberitaan Injil. Pemberitaan Injil merupakan panggilan umum kepada seluruh manusia, supaya bertobat dan percaya kepada Yesus Kristus. Panggilan ini harus disampaikan ke seluruh dunia. Pada saat panggilan ini diberitakan, tidak dijamin bahwa semua orang yang telah mendengarkannya akan bertobat dan percaya kepada Tuhan Yesus.

Babylon Mystery Religion (Misteri Agama Babilon)
Bagi saudara-saudara terkasih, yang akan membaca buku BABYLON MYSTERY RELIGION ini, kami harapkan terlebih dahulu berdoa. Mungkin saja ada hal-hal yang belum saudara-saudara mengerti atau belum dapat diterima. Agar Tuhan sendiri yang menuntunnya.
Untuk memperoleh pengertian dan pengetahuan yang lebih tepat mengenai sejarah perkembangan semua agama, maka diambil langkah untuk membuat ringkasan ini, yang diterjemahkan dari buku “BABYLON MYSTERY RELIGION”. Disamping sejarah, makalah ini juga menceritakan tentang penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dari Firman Tuhan, sehingga tercipta bermacam-macam tata cara dan kebiasaan agama diluar kehendak Tuhan
Mengingat bahwa terjemahan ini hanya merupakan ringkasan, disarankan untuk membaca buku aslinya. Judul buku, nama dan alamat pengarang adalah sebagai berikut:
Babylon Mystery Religion
Ralph Woodrow
P.O. Box 124
Riverside, California 92502
USA
Semoga terjemahan ini memperluas wawasan pengetahuan rohani anda. Tuhan Yang Mahakasih dan pendamai menyertai kita semua.

BERGAUL KARIB DENGAN TUHAN
Dalam sebuah buku kuno, sangat kuno, direkam riwayat seorang bersahaja, tidak mempunyai garis-keturunan yang jelas, tidak memiliki alamat rumah yang tetap, berkelana kian-kemari, menginap di serambi-serambi rumah ibadah. Pada suatu hari si 'Kelana' ini bertemu dengan seorang yang lumpuh sejak lahirnya. Orang lumpuh itu menatap si 'Kelana' dengan harapan akan mendapat sedekah. Tetapi si 'Kelana' berkata: "Emas dan perak tidak ada padaku. Tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!" Lalu ia memegang tangan kanan orang lumpuh itu dan membantunya berdiri. Seketika itu juga kuatlah kaki dan mata kaki orang lumpuh itu. Ia melonjak berdiri lalu berjalan kian ke mari di dalam rumah ibadah itu. Pembaca yang budiman, saya berani memastikan anda tidak tahu nama orang kaya dalam ceritera yang pertama: si Terpandang, yang menonjolkan pergaulannya dengan Kepala Negara. Tetapi saya yakin anda mengetahui nama asli si 'Kelana', walaupun saya tidak mengutarakannya. Mengapa demikian? Karena si 'Kelana' adalah seorang yang bergaul karib dengan Yesus Kristus; ia tidak menganggap penting pergaulan dengan bangsawan, lebih berarti baginya pergaulan dengan Tuhan! Kalau anda menganggap Tuhan lebih tinggi, lebih mulia, lebih hebat dari para bangsawan, bukankah itu berarti pergaulan dengan Tuhan lebih luhur artinya dari pada pergaulan dengan sekedar para bangsawan? Inilah tantangan yang sangat rasionil bagi anda: adakah keinginan dalam diri anda untuk bergaul-karib dengan Tuhan? Kalau keinginan itu tidak ada, inilah ketikanya yang tepat untuk menyingkirkan buku kecil ini, sebab isinya hanyalah sekedar menuntun pembaca untuk masuk ke dalam pergaulan yang karib dengan Tuhan.

YESUS DENGAN CAWAN TIGA-SERANGKAI
TIGA CAWAN DIHADAPI OLEH YESUS . . . CAWAN PERTAMA : Mat. 20:22-23; Mark. 10:38-39. Akan diminum juga oleh para muridYesus; rupanya ini cawan penderitaan, sebab muridYesus mengalaminya(penderitaan) juga diteguhkan oleh Yoh 16:33; Yoh 16:1-2, Mat 10, dll. CAWAN KEDUA : Luk 22:20; 1Kor 10:16, 21. Cawan pada Perjamuan PaskahNya Yesus berisi Darah (-batiniah, yang tidak kasat mata) dari Yesus. Yang meminum Cawan Kedua berarti ia dimateraikan mewarisi Wasiat (Perjanjian) Baru, dimeteraikan oleh Darah (-batiniah) Yesus. CAWAN KETIGA : Mat 26:39; Mark 14:36; Luk 22:42. Isi Cawan ini begitu dasyatnya, sehingga, sebelum meminumnya Yesus sempat bermohon agar Bapa singkirkan Cawan itu, namun harus kehendak Bapa yang terjadi ! Satu-satunya Cawan yang menyeramkan bagi Yesus ! Apa gerangan isi Cawan Ketiga ?

Colibri
Hidup di Amerika Selatan, dan burung Colibri adalah burung yang hidup hanya dari madu murni dari bunga-bunga dan merupakan jenis burung yang terkecil di muka bumi; panjang tubuhnya tidak lebih dari 3 cm, sementara paruhnya sendiri memiliki panjang yang serupa…. Seekor Colibri terbang mendekati sekuntum bunga berwarna-warni. Naluri Colibri itu menyatakan bahwa warna-warni bunga itu menjanjikan adanya madu, atau ‘nectar’, satu-satunya zat yang sesuai bagi kehidupan burung Colibri. Tiba pada sasaran-nya, burung tadi tidak menghinggapi kuntum bunga itu, tetapi ‘bergelayutan’ di udara, mengandalkan sayap-sayap mungil, namun kuat, mengepak ratusan kali setiap menit. Ruarrr biasa! Paruhnya diselusupkannya ke dalam kuntum bunga itu, menyelinap di antara benang-benang sari ke sasarannya: putik bunga yang berisi madu murni! Tidak perduli lagi Colibri itu akan daun-daun bunga yang berwarna-warni itu. Tak perduli dia akan benang-benang sari yang berayun-ayun menggelitik paruhnya dan wajahnya. Tidak perduli dia, bahwa kehadirannya sudah dimanfaatkan oleh pihak lain: membuat tepung-sari berpelantingan, menyerbuki putik di tengah bunga…. Colibri memusatkan perhatiannya kepada urusan satu-satunya: menghirup nectar-kehidupan! Bahkan dia tidak terganggu oleh terpaan angin pada tubuhnya. Dalam menghadapi terpaan angin, Colibri tidak mengandalkan daun-daun bunga untuk landasannya berpijak; dia mengandalkan tenaga-kehidupannya: kepakan sayap-kecil, namun penuh tenaga, mengepak ratusan kali setiap menit. Sungguh luar biasa!

Debata?
Berdasarkan hasil penelitian Kontelir G. J.J. Deutz (1872) terhadap batu tertulis yang didapati di Lobu Tua dekat Kota Barus (Tapanuli Tengah), yang isinya baru dapat dibaca pada tahun 1932 oleh Prof. Nilakantisastri mengatakan bahwa: Pada tahun ±1088 M ada 1500 orang Tamil dari India Selatan bertempat tinggal di Barus. Mereka membentuk kesatuan perdagangan (Gilde) untuk mencegah persaingan sesama mereka dalam dagang kapur barus dan kemenyan. [1] Orang-orang India masuk ke Tanah Batak melalui kota Barus (Baros) dan Tapanuli Selatan yang pada waktu itu merupakan kota perniagaan yang sangat penting dalam perdagangan gading badak, gading gajah, kapur barus, kemenyan, emas, dsb. Untuk memperlancar dan mempermudah penyaluran barang-barang dagangan ke luar negeri, mereka membentuk kongsi perdagangan (Gilde) dan sekaligus mendirikan sebuah perkampungan di daerah Barus. Diketahui bahwa orang-orang India Selatan ini datang dari daerah Cola, Pandya, Malayalam, dsb. Mereka dari turunan-turunan orang Tamil yang kemudian hari tinggal menetap di Barus dan Kalasan. Lambat laun sebagian dari mereka mulai masuk ke daerah pedalaman Tapanuli dan melakukan kontak dengan penduduk yang ada di sana. Mungkin karena putus hubungan dengan tanah airnya India, mereka terlebur ke dalam suku bangsa Batak. Dapat dipastikan, bahwa sebagian dari marga Sembiring adalah keturunan mereka; teristimewa yang nama-nama marganya menunjukkan asalnya yaitu: Colia, Pandia, Pelawi, Meliala, juga Brahmana dan Keling.[2]

DOA-DOA KAUM INJILI (DALAM KESEHARIAN DAN PELAYANAN)
Karena kehidupan Kaum Injili berada dalam perjuangan terus-menerus melawan yang bukan darah dan daging [Ef.6:12], maka bunyi Doa-doa Kaum ini berbeda dari doa-doanya umat gerejawi. Doa-doa yang dimuat di bawah ini bukanlah sekedar Doa-doa permohonan kepada Tuhan mengenai kebutuhan hidup belaka, lebih dari itu, bercorak peperangan rohani melawan Iblis dan malaikat-malaikatnya... Demikian kritisnya kehidupan Kaum Injili, senantiasa diintai oleh Iblis, yang siap mendakwa dan mencederai anak-anak Tuhan, maka penting adanya Buku-Tuntunan, agar jangan keliru mengucapkan pernyataan-pernyataan Doa. Kekeliruan berdoa dapat didakwakan Iblis sehingga doa itu tidak efektif lagi, bahkan boleh jadi merugikan... Karena muatan Buku-Tuntunan ini khusus doa-doa Kaum Injili, maka Doa-doa yang biasa dipanjatkan oleh orang Kristen-gerejawi tidak perlu dimuat di sini, sebab setiap orang Kristen harus sudah pandai memanjatkan Doa-doa permo-honan kebutuhan masing-masing, yang bentuk dasarnya sudah dirumuskan oleh Yesus di dalam Doa Bapa Kami... Kami ucapkan Selamat Berdoa dan Berjuang, mengalahkan si Iblis, untuk kemuliaan Yesus Kristus, Pemenang di sepanjang sejarah.

Domba Yang Berbahagia
Alkitab, yang menurut para ahli sudah dicetak sebanyak ribuan-juta jilid dan sudah diterjemahkan ke dalam kira-kira 4000 bahasa adalah kitab yang istimewa. Maka bagi umat manusia Alkitab mempunyai makna yang khusus, dan penghargaan terhadap Alkitab dilakukan dengan berbagai cara, berdasarkan berbagai pandangan! Satu golongan manusia sangat menghargai Alkitab, terlalu menghargainya, sehingga menjadi berhala. Bagi golongan ekstrim ini, Alkitab dianggap memiliki kuasa untuk melindungi mereka; ada yang menempatkan Alkitab di dalam mobil sebagai pelindung kendaraan itu; ada pula yang menempatkan Alkitab di samping kepala bayi mereka, katanya untuk mengamankan bayi itu dari gangguan setan! Sebaliknya, satu golongan lain menganggap Alkitab tidak bernilai, sebagai sampah belaka. Mereka menganggap membaca Alkitab adalah pekerjaan yang merugikan, menyia-nyiakan waktu yang berharga! Pada titik mana anda berdiri, silahkan anda renungkan, dan pikirkanlah, apakah sikap anda terhadap Alkitab sudah tepat!?! Bagi golongan yang menganggap Alkitab sebagai sampah, atau sebagai bahan bacaan biasa, atau sebagai bahan penelitian saja, banyak hal yang tersembunyi, tidak dapat mereka mengerti. Sebab memang Tuhan tidak mengungkapkan rahasia itu bagi mereka. Mereka tidak insyaf bahwa Yesus memegang monopoli untuk membuka pikiran manusia agar mengerti Kitab Suci .

esanamaNya !
BAGI KALANGAN SENDIRI, YAKNI: PARA PELAYAN TUHAN YESUS KRISTUS YANG MELAYANI DI LUAR PAYUNG LEMBAGA/GEREJA

Doublecross (Pengkhianatan)
Sebelum membaca lebih jauh lagi, baiklah anda berdoa terlebih dahulu:
Tuhan Yesus, saat ini saya hendak membaca buku ini yang berisi kesaksian DR. Alberto Rivera. Bapa, saya bermohon agar Roh Kudus-Mu saja yang membuka hati dan pikiranku akan kebenaran firman-Mu. Semua kebenaran yang berasal dari manusia dan iblis ditapiskan dari hati dan pikiranku, di dalam nama Yesus Kristus. Hanya kebenaran dan firmanMu yang boleh dimeteraikan dalam hatiku. Utuslah malaikat-malaikat surga-Mu untuk melindungi saya. Dalam nama Yesus, semua kuasa kegelapan dipatahkan, dan semua malaikat iblis harus enyah menyingkir dari diriku. Terima kasih Tuhan Yesus yang Mahakuasa. Amin

Force (Kuasa)
Sebelum membaca lebih jauh lagi, baiklah anda berdoa terlebih dahulu:
Tuhan Yesus, saat ini saya hendak membaca buku ini yang berisi kesaksian DR. Alberto Rivera. Bapa, saya bermohon agar Roh Kudus-Mu saja yang membuka hati dan pikiranku akan kebenaran firman-Mu. Semua kebenaran yang berasal dari manusia dan iblis ditapiskan dari hati dan pikiranku, di dalam nama Yesus Kristus. Hanya kebenaran dan firmanMu yang boleh dimeteraikan dalam hatiku. Utuslah malaikat-malaikat surga-Mu untuk melindungi saya. Dalam nama Yesus, semua kuasa kegelapan dipatahkan, dan semua malaikat iblis harus enyah menyingkir dari diriku. Terima kasih Tuhan Yesus yang Mahakuasa. Amin

Godfathers (Para Bapa Baptis)
Sebelum membaca lebih jauh lagi, baiklah anda berdoa terlebih dahulu:
Tuhan Yesus, saat ini saya hendak membaca buku ini yang berisi kesaksian DR. Alberto Rivera. Bapa, saya bermohon agar Roh Kudus-Mu saja yang membuka hati dan pikiranku akan kebenaran firman-Mu. Semua kebenaran yang berasal dari manusia dan iblis ditapiskan dari hati dan pikiranku, di dalam nama Yesus Kristus. Hanya kebenaran dan firmanMu yang boleh dimeteraikan dalam hatiku. Utuslah malaikat-malaikat surga-Mu untuk melindungi saya. Dalam nama Yesus, semua kuasa kegelapan dipatahkan, dan semua malaikat iblis harus enyah menyingkir dari diriku. Terima kasih Tuhan Yesus yang Mahakuasa. Amin

UJIAN KEDEWASAAN DI PADANG GURUN
Orang Kristen yang dewasa adalah
seorang yang beriman kepada Tuhan Yesus
dan menjadi anggota penuh suatu Gereja.... (?)
Begitukah ukuran Kedewasaan Warga Gereja?
Begitukah ukuran Kedewasaan Warga Kerajaan Sorga?

HIDUP SEHAT KARENA HIDUP BENAR
Buku kecil ini dituliskan bagi setiap pembaca yang ingin sehat dan ingin tetap sehat. Kalau anda kebetulan sedang menderita sakit, penulis ingin mengajak anda untuk belajar berpandangan sehat; belajar melihat berkat di balik penyakit. Anggap lah `masa sakit' sebagai kesempatan bagus untuk merenungkan penyebab dan asal mula penyakit yang kita derita, sehingga kita dapat mempersiapkan diri guna penyembuhan yang lebih cepat dan tuntas!
Penulisan buku ini dilakukan dengan sistematisasi berpikir yang memungkinkan pembaca dapat, secara bertahap, mengerti sungguh hakekat dari sakit penyakit. Andapun akan dituntun untuk mengerti, bagaimana menghindar dari serangan penyakit, dan bagaimana `memupuk' pribadi serta menata kehidupan, sehingga beroleh pemulihan yang tuntas dan hidup sehat selanjutnya!
Penulis menyarankan agar anda tidak membaca secara melompat-lompat, jangan terburu-buru. Ikuti saja Babak demi Babak, sesuai susunan buku ini, agar anda beroleh manfaat penuh!

Mengusir Setan dengan Kuasa Roh TUHAN
Saudara pembaca yang dikasihi Tuhan Yesus,
Buku ini ditulis dengan dua tujuan. Tujuan yang pertama adalah untuk memenuhi pesan Tuhan Yesus kepada murid-muridNya (termasuk anda dan saya) dalam Luk.22:32b : "Dan engkau, jikalau engkau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu".
Penulis belum menjadi orang-kudus, bukan orang yang hebat, hanya sekedar 'orang-insaf', yang menginsyafi mulianya karya Tuhan Yesus membebaskan kita dari jerat Iblis, dan menginsyafi betapa pentingnya kita memperkuat orang lain. Salah satu usaha memperkuat orang lain adalah dengan menulis buku ini, agar semakin banyak yang menjadi 'orang-insaf' dan bersedia memperkuat saudara yang lain, berdoa-syafaat bagi mereka. Bahkan melepaskan mereka!
Tujuan yang kedua dari penulisan buku ini adalah untuk digunakan sebagai Penuntun-dasar Pelajaran tentang 'Kuasa-Kegelapan' dalam Kursus Alkitab, serta berbagai tuntunan ringkas bagi 'orang-insaf' yang bersedia melakukan pelayanan-pelepasan!
Penulis menyadari bahwa buku ini mengandung banyak kelemahan, teristimewa pada bagian-bagian yang dituliskan yang berdasarkan pengalaman. Itulah sebabnya, diktat ini siap untuk beroleh kritik dan saran-perbaikan oleh para pembaca, yang memiliki pengalaman dan kesan yang berbeda selama melayani Tuhan Yesus.
Buku ini, diselesaikan pada awal 1998, adalah edisi ke-4, sudah tiga kali mengalami perbaikan dan perluasan. Sebagai contoh, perihal 'Perjanjian-Warisan dari leluhur' tidak terdapat dalam edisi sebelumnya. (Edisi-1 terdiri dari 12 halaman, edisi-2 memiliki 36 halaman dan edisi-3: 96 halaman).
Penulisan buku ini dilakukan dengan semangat Matius 10:8b. Anda bebas memperbanyaknya bagi keperluan pelayanan anda, tentunya setelah berdoa, mohon izin dari Tuhan Yesus!
Berkat dari Tuhan Yesus menyertai saudara sekalian. Amin.

YESUS MENGETAHUI ISI HATI MANUSIA!
Tahukah anda apa yang ada di dalam hati manusia?
Yer.17:9 menyatakan: Betapa liciknya hati, lebih licik dari pada segala sesuatu...

Apa yang ada di hati manusia? Di hati anda? Jika belum tahu, mengapa belajar dari manusia lain? Mengapa belajar hanya dari Sigmund Freud? Mengapa belajar hanya dari C.G.Jung? Mengapa belajar hanya dari Rasul Paulus? Bukankah mereka hanya manusia ciptaan TUHAN? Seharusnya anda belajar dari Tuhan Yesus! Yang-menciptakan-manusia: anda dan saya! Itu baru benar!
Yoh.2 mencatat: <24> Tetapi Yesus sendiri tidak mempercayakan diriNya kepada mereka, karena Ia mengenal mereka semua, <25> dan karena tidak seorangpun perlu memberi kesaksian kepadaNya tentang manusia, sebab...
YESUS MENGETAHUI ISI HATI MANUSIA!

KONTROVERSI NAMA ALLAH
# "Allah" dalam Islam, tidak bisa dikenal secara dekat. Manusia tidak dapt membangun hubungan intim dengan "Allah". Ia terlalu jauh, abstrak dan tak terjangkau.
# Tuhan orang Kristen bisa dikenal melalui pribadi Yesus Kristus (Yoh 17:3). Manusia bisa membangun hubungan perjanjian dengan Tuhan.
# "Allah" menurut Islam, tidak terikat oleh apapun. Ia bebas melakukan apapun, kapanpun, dimanapun dan dengan cara apapun.
# Tuhan orang Kristen rela terikat janji dengan umatNya. Ia mendasarkan segala perbuatannya atas dasar kasih dan kebenaran. Ia tidak mungkin berdusta (Titus 1:2; Ibr 6:18). Ia tidak mungkin menyangkali (kesetiaan) diriNya (2Tim 2:13).

# "Allah" menurut Islam adalah Maha Adil. Keadilannya didasarkan atas kedaulatanNya dan kemahakuasaanNya yang mutlak.
# Tuhan orang Kristen adalah Tuhan yang setia dan adil (1Yoh 1:9). Keadilannya selalu diimbangi dengan kesetiaanNya.

KUASA DI DALAM PENGAMPUNAN
Ambisi berkuasa, itulah yang menggulung kehidupan manusia modern. Tidak terkecuali, saya juga kena; Gereja hancur karena ambisi itu.
Konsep kuasa yang keliru! Kuasa duniawi, kuasa kedagingan, padahal yang lebih luhur seharusnya kuasa rohaniah, bukanlah pengikut Yesus seharusnya orang-orang rohani?!
Kuasa usir setan; kuasa menyembuhkan, kuasa membangkitkan mujizat; semuanya semarak!
Semuanya dapat diperoleh dari Iblis! Tertipu.
Kuasa tersembunyi, tidak semarak! Tidak dapat diperoleh dari Iblis. Tidak mungkin tertipu!

DARI KUBURAN KE GEREJA
"Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang dibumi" [Kol.3: 2].
Namun manusia terus saja memikirkan perkara yang di bawah, memikirkan perkara kedagingan belaka. Maka banyak yang tidak mengerti apa hakekat Gereja, di pandang dari kacamata Tuhan, perkara di atas.

".....Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna" (Sabda Yesus, Yoh.6: 63).
Namun kebanyakan manusia hanya memikirkan segi kedagingan, tidak rohaniah, sehingga gagal mengerti apa hakekat rohani dari kuburan dan (up)acara di kuburan!

LANGKAH-LANGKAH MENUNTUN PETOBAT DALAM PELAYANAN PRIBADI
Buku Saku ini sekedar menjadi pedoman buat hamba Tuhan yang melakukan tugasnya dalam pelayanan pribadi, namun hikmat dan tuntunan Raja Yesus dalam setiap pelayanan yang dipercayakan kepada hamba-Nya itulah yang sempurna. Sebab di dalam tiap-tiap pelayanan pribadi tentunya tidak semua hal-hal yang dihadapi adalah sama. Sekali lagi, penatalayanan Tuhan Yesus dalam pelayanan pribadi yang dilakukan itulah yang paling sempurna, oleh karena itu jangan pernah lupa mengundang kuasa Yesus untuk bekerja dalam pelayanan pribadi yang dilakukan agar hasilnyapun seturut kehendak dan rancangan-Nya. Silahkan Anda membaca Buku Saku ini, semoga boleh menjadi berkat dan berguna bagi pelayanan Anda.

YESUS 'LEOMER'
Mazmur pasal-8 mengajarkan hal-hal yang hebat tentang manusia. Ajaibnya, bukan hanya tentang orang dewasa, tetapi juga tentang bayi-bayi! Mzm.8:2-3 mencatat:
[2] Ya TUHAN, Tuhan kami, betapa mulianya namaMu di seluruh bumi! KeagunganMu yang mengatasi langit dinyanyikan. [3] Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu telah kauletakkan dasar kekuatan karena lawanMu, untuk membungkamkan musuh dan pendendam.

Ada perkataan 'lawanMu', lawanNya Tuhan. Siapakah musuh TUHAN? Bukan manusia, melainkan Iblislah musuh TUHAN. Lalu anak kalimat 'untuk membungkamkan musuh dan pendendam' menunjukkan bahwa Iblis (musuh dan pendendam itu) harus dibungkam. Dengan apa Iblis dibungkamkan? Tidak dapat tidak, harus dengan kekuatan atau kuasa TUHAN sendiri. Mana mampu kuasa manusia membungkamkan Iblis.
Kuasa Tuhan itu telah ditempatkan (dan siap bekerja) {di dalam Alkitab berbahasa Inggris : 'Thou ordained', artinya TUHAN telah tahbiskan} dari mulut bayi-bayi. Manakah kuasa itu? Dari mulut-bayi-bayi; apakah yang dapat dikeluarkan untuk membungkamkan Iblis? Air liur? Air liur tidak memiliki kuasa apa-apa. Yang benar adalah suara! Suara adalah dasar- kekuatan ! Belum merupakan kekuatan yang sungguh, baru 'dasar' untuk suatu kekuatan.
Jika demikian, manakah 'kekuatan' atau kuasa Tuhan yang mampu membungkamkan Iblis, lawan dari Tuhan itu? Dalam Firman, tiada lain! Firman (ucapan, perintah) TUHAN mampu membungkamkan Iblis. Apakah bicara-nya manusia memiliki kekuatan pula ? Jika benar, maka benar pulalah yang diutarakan dalam Mzm.8:2 tadi : dalam mulut bayi telah TUHAN tahbiskan dasar-kekuatan yang mampu membungkamkan Iblis!
Jika Mazmur pasal-8 tidak gamblang menjelaskan kuasa yang dimaksudkan, beruntunglah kita, karena memiliki Yesus Kristus, Guru Agung kita. Yesus mengemukakan kuasa mana yang dasarnya sudah ditahbiskan di dalam mulut bayi-bayi, dalam Mat.12:37:
Karena menurut ucapanmu engkau dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum.

MATIUS 613
Saya yakin pembaca yang mengaku diri orang Kristen sudah pernah menyebutkan potongan-kalimat di atas, entah berapa ratus kali; boleh jadi ribuan kali! Dapatkah anda mengingat-ingat, kapan dan di mana anda mengucapkannya ....................................?
Potongan-kalimat tadi adalah bagian dari Doa Bapa Kami, yang diajarkan oleh Tuhan Yesus, memenuhi permintaan murid-muridNya agar diajar berdoa , sebagai berikut:
<9> Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah namaMu, <10> Datanglah KerajaanMu, jadilah kehendakMu di bumi seperti di sorga. <11> Berilah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya, <12> dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; <13> dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat, [Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.]
Suatu doa yang sederhana, namun sangat efektif, kalau saja yang berdoa mengerti apa yang dimintanya! Kita mengetahui suatu permintaan hanya layak dikabulkan bilamana yang meminta itu mengerti apa yang dimintanya. Bukankah permintaan agar dicarikan jodoh, yang diajukan seorang anak berusia lima tahun akan ditolak oleh orangtuanya, bahkan akan menjadi bahan tertawaan? Begitu pula halnya kita, di dalam meminta kepada Bapa Sorgawi, perlu kita memahami sungguh apa yang kita minta, agar tidak menjadi tertawaan Iblis! Sadarkah anda berapa ribu kali kita sudah dicemooh Iblis karena mengajukan permohonan yang tidak dimengerti?

Membidani Kelahiran Rohani.pdf
Pengamatan menunjukkan bahwa banyak pelayanan pertobatan yang diberikan oleh berbagai hamba TUHAN sebenarnya belum dapat digolongkan kepada pelayanan kelahiran rohani, karena kurang lengkapnya pelayanan itu. Banyak petobat yang dituntun hanya untuk bertobat yakni mengakui dosa secara terbuka, lalu menerima Yesus sebagai Juruselamat pribadi serta mengundangya masuk ke dalam hati. Itu saja, tanpa pelayanan pelepasan seperti yang selalu dilakukan oleh Yesus (baca MENGUSIR SETAN DENGAN KUASA TUHAN oleh penulis yang sama).

Pelayanan kelahiran rohani yang kurang lengkap menghasilkan pengikut Yesus yang kurang sungguh- sungguh. Disamping itu, kelahiran rohani yang kurang tuntas biasanya menyisakan kerak-kerak dosa (belum diselesaikan di hadapan Tuhan Yesus) atau menyisakan ikatan Iblis sehingga memungkinkan Iblis menggocoh ybs. di masa depan. Ibarat kelahiran bayi yang cacat ada saja kesulitan yang muncul di belakang hari, sehingga manfaat kelahiran rohani kurang dirasakan, baik oleh yang bersangkutan maupun oleh lembaga atau gereja dimana petobat itu berbakti atau melayani. Kurang lengkapnya pelayanan itu mengakibatkan petobat belum sungguh-sungguh masuk dalam Kerajaan Sorga (sementara di bumi ini).

MENJALA MANUSIA: PENTINGKAH?
Pertanyaan pada judul di atas tentunya akan memancing banyak jawaban, atau kemungkinan bisa menimbulkan banyak respon sebagai misal; “apa sih maksudnya menjala manusia?”, atau “apa iya kita perlu menjala manusia!”, atau “pertanyaan itu mengada-ngada!”, atau “ah sudahlah!, kerjakan saja kerjaan kita, lupakan pertanyaan itu!”, atau “memang penting sih, tapi gimana caranya?”. Penulis sendiri dulu juga tidak bisa menjawab pertanyaan di atas, hal ini disebabkan karena anggapan apabila sudah tardidi (dibaptis masa anak-anak), malua (naik sidi), apalagi ditambah dengan status anak seorang Sintua senior (pekerja gereja, pen.) gereja suku terbesar di Indonesia dan rajin ke gereja maka sudah selesai urusan sebagai orang Kristen! Itulah dulu “quality standard” (ukuran mutu) yang penulis yakini untuk menjadi seorang Kristen. Bahkan pernah berpikir bahwa orang Kristen yang masuk ke dalam “quality standard” tadi sudah cukup modal untuk bisa menjadi “orang Kristen yang baik”. Justru pikiran yang seperti ini malah memunculkan arogansi rohani dan mengandalkan diri sendiri dan jarang sekali memikirkan orang lain, boro-boro mikirin menjala manusia! Penulis tidak tahu apakah saudara-saudara terkasih pernah (atau sedang) mempunyai pikiran yang sama, namun hakekat pertanyaan di atas akan semakin terasa pada saat kita mau mendengarkan Tuhan dan mencoba melakukan apa yang dikehendaki-Nya.

MERAWAT MANUSIA SEUTUHNYA
Banyak sekali umat yang mengaku dirinya Kristen. Di lain pihak, beberapa pengajaran Alkitab yang utama adalah bahwa manusia terdiri atas tubuh yang dibentuk Tuhan dari tanah, serta roh, yang ditiupkan Tuhan. Alkitab juga mengajarkan bahwa kondisi tubuh atau kesehatan tubuh amat dipengaruhi oleh kondisi rohani si penderita! Logika yang seharusnya: kalau jasmani menderita sakit, perlu sekali pemeriksaan rohani si penderita! Namun hampir semua orang Kristen, kalau menderita sakit, tidak memperdulikan masalah rohaninya, melainkan sibuk mencari perawatan jasmani saja; mencari dokter, tidak mencari Yesus Kristus, Penyembuh Sorgawi Yang Maha Agung itu!

Lima Fakta Tentang Natal
Alasan 1:
Yesus tidak dilahirkan pada tanggal 25 Desember
Alasan 2:
TUHAN tidak memerintahkan kita untuk memperingati Kelahiran Tuhan kita, baik melalui Alkitab maupun melalui pernyataan Roh.
Alasan 3:
Hari Natal adalah penyembahan berhala dan bukan Hari Raya Kristen
ALASAN 4:
ROH TUHAN telah memerintahkan kita untuk tidak mengikuti tata cara atau kebiasaan bangsa-bangsa kafir.
ALASAN 5:
KARENA CERITA NATAL ADALAH ....

Nama Trinitas
Masalah apakah Trinitas itu monoteisme atau politeisme, tidak akan dibahas disini tetapi dalam kesempatan lain. Jadi yang akan dibahas, itupun secara singkat, adalah siapa nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus saja. Dalam hubungan ini, yang segera muncul di dalam hati kita adalah bahwa kalau nama Anak sudah kita ketahui, yaitu Yesus.

Nama Yesus itu, datang dari atas, dari sorga, dikaruniakan oleh Bapa (Mat. 1:21; Luk. 1:31; Fil. 2:9). Nama Yesus tidak berasal dari bawah, dari dunia, dan bukan yang diberikan oleh manusia. Memang seharusnya demikian, karena Tuhan Yesus dari Sorga, bukan dari dunia (Yoh. 1:1, 14 dan 17:14, 16). Nama Immanuel yang diberikan oleh dunia, oleh manusia kepada-Nya tidaklah sah, karenanya tidak berlaku.

Tentang nama Yesus, Rasul Paulus menulis dalam Fil. 2:9-11, demikian: 9Itulah sebabnya Bapa sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama diatas segala nama (garis bawah, pen.), 10supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, 11dan segala lidah mengaku “Yesus Kristus adalah Tuhan”, bagi kemuliaan Bapa Sorgawi!

PELURUSAN WATAK UMAT TUHAN
Hanya pembaca yang sudah bertobat layak membaca buku kecil ini. Mengapa? Sebab pembaca yang belum bertobat, yang belum pernah meminta ampun atas dosa-dosanya kepada Tuhan Yesus (jadi yang belum beroleh keampunan dosa) serta belum pernah mengundang Yesus secara sadar untuk bekerja di dalam hatinya, tidak akan mampu mencernakan isi traktat ini dengan baik. Dapat dikatakan tak 'kan ada berkat yang diperoleh pembaca kendati membacanya sampai habis.
Bagi pembaca yang masih dalam status demikian, sebaiknya anda membaca buku "MATIUS-613" serta "ABSALOM OH ABSALOM" lebih dulu, serta mempraktekkan seluruh isi buku itu dengan tekun; baru anda layak membaca buku kecil ini.
Saudara, istilah 'bertobat' yang digunakan di atas adalah dalam arti sempit, yakni sekedar membereskan dosa-dosa masa lalu serta segala ikatan perjanjian (persekutuan) dengan Iblis. Namun sesungguhnya istilah bertobat boleh jadi digunakan dalam arti luas, yakni mencakup hal-hal yang tersebut tadi, ditambah dengan proses pelurusan watak, yang dibahas di dalam buku ini.
Apapun pengertian anda tentang kata 'bertobat', keterangan di atas sudah cukup memberi gambaran tentang lingkup pembahasan buku kecil ini : pelurusan watak yang harus dialami umat TUHAN, teristimewa para hamba Tuhan sehingga mereka akan menjadi milik Tuhan yang berharga, yang dilindungiNya, dirawatNya secara pribadi, sehingga yang bersangkutan akan mengalami damai sejahtera dan sukacita di sepanjang jalan kehidupannya. Silahkan anda membaca buku ini, jangan tergesa-gesa, kiranya anda juga dapat menjadi milik Tuhan yang berharga, menjadi kekasih hatiNya. Sebab status itu sungguh menjamin kebahagiaan hidup kita di dunia ini, dan dalam kehidupan kekal kelak !
Yakni kalau anda menginginkan hal itu, tentunya!

Pemberontakan Di Langit.
Lucifer, yang berarti:" terang, putra fajar, bintang fajar, mata hari fajar." Pada catatan samping Alkitab lain disebut sebagai "bintang fajar." " Yesaya 14:12." Nama-nama itu diambil dari kata aslinya yang berarti:" jelas, bercahaya,mempertontonkan, membual, berkoar-koar dengan bodoh, omong kosong." Lucifer adalah Setan, si jahat itu. Disini kita melihat penampilannya, sifat dan karakternya. Lucifer, bukanlah sosok yang berusaha ia tampilkan.

Tentang HARRY POTTER
Ditulis oleh mantan penyihir
Saya menulis pesan penting ini karena saya dulunya adalah seorang penyihir. Saya hidup dari bintang-bintang sebagai seorang ahli nujum dan peramal horoskop dan mantera-mantera. Saya hidup di dunia misterius dan bayangan sihir. Dengan menggunakan mantera dan magic, saya dapat meminta kekuatan dari penguasa yang tak dikenal dan terbang di malam hari melintasi pesawat angkasa. Halloween adalah saat favorit setiap tahunnya dan saya tertarik dan terpikat dengan dunia sihir Wiccan.

Semua ini terjadi pada dekade tahun 1960-an, ketika sihir baru saja keluar dari lemari sapu. Sepanjang dekade 1960-an, pada tahun 1966, seorang wanita yang bernama J.K. Rowling dilahirkan. Wanita ini telah memikat dunia di tahun 2000 dengan 4 buku yang dikenal dengan nama "Harry Potter Series". Buku-buku adalah orientasi dan petunjuk manual bagi penyihir, dikemas ke dalam bentuk hiburan. Keempat buku ini oleh J.K. Rowling ditujukan untuk mengajar sihir. Saya mengetahui hal ini karena saya pernah menjadi bagian dari dunia tersebut.

PRAJURIT KRISTUS, BERDOALAH!
Banyak pengikut Yesus yang melayani pekerjaan Tuhan. Tetapi sedikit saja yang mau mengerti bahwa Tuhan Yesus menginginkan agar pengikutNya menjadi semakin kudus, dan sejalan dengan itu, semakin tajam dalam pelayanan. Golongan yang asal melayani akan terjerat didalam rutinisme, untuk kemudian dihambat, dijegal atau dikecoh oleh Iblis. Selanjutnya mereka akan mati pelan-pelan (maksud saya: mati-rohani) di dalam lingkaran setan: rutinisme, ciptaan Iblis itu.
Yesus ingin melatih para hambaNya untuk meningkat terus-terus menerus agar mereka dapat bertahan sampai kesudahannya (Mat.24:13), suatu kepastian keselamatan. Ada peningkatan kemampuan dalam merawat 'ikan' (jiwa-jiwa) atau penggembalaan (istimewa: pastoral-councelling). Ada pula peningkatan kemahiran menjala dan merampas 'ikan' (yakni memenangkan / merampas jiwa); keduanya merupakan bagian-bagian dari pekabaran Injil. Semua ini berjalan selaras dengan peningkatan kekudusan! Motto yang tepat untuk bertahan hidup dalam dalam Kerajaan Surga adalah:

SIAPA BERHENTI MENINGKAT: MATI ROHANI!

Namun hal-hal kekudusan dan ketajaman pelayanan itu bukan untuk kemegahan atau pamer-diri. Jasa dan pangkat anda direkam dalam Kerajaan Surga, bukan dipasang di dada atau bahu seperti jasa dan pangkat duniawi! Dalam satu hal, Yohanes Pembaptis jangan ditiru. Yohanes tidak bertahan sampai kesudahannya. Ia pernah menyangsikan apakah Yesus adalah Mesias yang dinantikan. Akibatnya, Yohanes dinyatakan sebagai yang terkecil dalam kerajaan Surga (Mat.11:11b).
Apakah anda merasa tiada peningkatan? Atau tenggelam dalam rutinisme yang membosankan? Jangan mau mati-rohani dalam rutinisme itu! Praktekkanlah hal-hal yang ditulis disini! Hasil dan imbalannya melampaui tingkat kepuasan anda!

Jakarta, April 1989.

P.R.M. Situmorang,
Jakarta.

Prophet.pdf

PENGIKUT YESUS UNTUK APA BERPUASA?
Terlalu banyak umat TUHAN asal percaya saja kepada pengajaran orang lain. Salah satunya adalah dalam hal menjalankan puasa atau tidak menjalankannya. Banyak yang asal mematuhi saja saran para pengajar Kristen, tanpa memeriksa lagi benar atau salahnya ajaran mereka. Padahal Tuhan Yesus menginginkan [Lukas 12:57]:
Dan mengapakah engkau juga tidak memutuskan sendiri apa yang benar?
Dan biarlah umat TUHAN belajar dari Alkitab, teristimewa dari Tuhan Yesus, tidak sekedar belajar dari guru-guru Kristen; ingatlah pula pernyataan Yesus dalam Mat.23:8! Dengan 'claim' Yesus itu, penulis tidak mau sembarangan menyampaikan pengajaran Kristiani kalau hal itu hanya bersumber dari kepintaran akal manusia dan tidak bersumber dari Yesus sendiri, Guru satu-satunya itu!!
Izinkan pula penulis mengingatkan pembaca akan pesan Tuhan Yesus pada Lukas 12:48b,
Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, daripadanya akan banyak dituntut.......
Dengan membaca buku kecil ini, anda diberi tambahan pengetahuan oleh Tuhan Yesus, jadi bersiaplah untuk memenuhi tuntutanNya. Sangat mungkin tuntutan Yesus tidak sejalan dengan cara hidup anda selama ini!
SILAHKAN MEMUTUSKAN APAKAH ANDA AKAN BERPUASA/ TIDAK!

PEMULIHAN KESEHATAN TUBUH ROHANI
Semua pelayan gereja, pendeta, penatua. Guru jemaat, guru sekolah minggu dan pelayan gereja lainnya, diharapkan dapat melaksanakan tugas penggembalaan dengan sebaik-baiknya. Penggembalaan adalah pekerjaan merawat tubuh rohani jemaat. Tugas tersebut dapat dilaksanakan jika gembala sehat rohani. Seorang majelis atau guru sekolah minggu yang sakit rohani tidak mungkin merawat tubuh rohani jemaat dengan baik. Firman Tuhan menyatakan: “…Jika orang buta menuntun orang buta, pasti keduanya jatuh ke dalam lobang.” (Matius 15:14). Oleh karena itu, sebelum merawat tubuh rohani jemaat, kesehatan tubuh rohani para pelayan gereja harus dahulu dipulihkan agar kelak dapat menggembalakan jemaat dengan baik. Bukan hanya pelayan gereja yang perlu merawat tubuh rohaninya, orangtua juga perlu merawat tubuh rohaninya, karena orangtua adalah imam di tengah-tengah keluarganya. Orang tua juga gembala bagi seisi rumahnya. Penggembalaan rohani anak-anak adalah tanggung jawab orangtua! Penggembalaan rohani anak-anak bukan tanggung jawab pendeta atau guru sekolah minggu. Dalam rangka pemulihan kesehatan rohani ini, perlu dipahami perihal kondisi tubuh rohani manusia dan hal-hal yang merusaknya. Dengan demikian kita dapat menentukan tindakan apa yang harus dilakukan agar tubuh rohani seseorang tetap sehat.

RANCANGAN-RANCANGAN
Saudara pembaca yang dikasihi Tuhan Yesus, tulisan ini akan saya awali dengan ucapan sekuler: "tak kenal maka tak sayang"; ucapan yang tepat untuk Mazmur 136, yang kita baca ini. Saya mengundang anda untuk membacanya dengan bersuara. Bagi Mazmur ini, pembacaan dengan bersuara keras justru menghasilkan berkat terbesar bagi anda, kendati mungkin berkat itu tidak langsung anda rasakan, seperti obat yang bekerja lamban. Seperti orang yang merajinkan dirinya memakan wortel, pengaruhnya yang baik terhadap matanya baru akan terasa berbulan-bulan kemudian! Silahkan saudara, bacalah keras-keras

Rangkap.jpg

REFORMASI ABAD-XXI DI INDONESIA
BAGAIMANA JADINYA BAPTISAN ORANG KRISTEN BATAK? Permandian Agama Batak yang diuraikan di atas berpadanan dengan Baptisan-air Gerejawi. Secara akal sehat, Baptisan Kristiani seharusnya menyerahkan bayi-bayi kepada Sembahan Kristiani: Yesus Kristus! Supaya kehidupan bayi itu kelak digembalakan oleh Yesus Kristus! Namun apa kenyataan dalam Baptisan di Gereja-gereja Batak?

Musik Rock.pdf

ROH-ROH JAHAT *

SAKIT HATI DAN KEPAHITAN
Sakit hati telah menjadi salah satu masalah yang luas dalam masyarakat. Anda dapat mengalami sakit hati begitu parah sehingga mempunyai keinginan untuk menyendiri. Saya sudah bertemu dengan banyak gadis yang mengatakan, "Hai aku sudah patah hati berulang kali. Aku tidak akan pernah lagi mencintai seorangpun. Lupakan saja semua.". Anda menjadi orang yang keras dan sinis. Inilah salah satu ciri orang mengalami penderitaan-mereka mengasingkan diri dengan harapan agar tidak disakiti lagi. Namun ini menjadikan anda lebih tersiksa lagi, oleh kesendirian itu. Anda seharusnya datang pada Yesus, Tuhan akan menyembuhkan hatimu dan Ia akan mengangkat sikap ketus yang ada di dalam hidupmu. Anda dapat lagi membuka hatimu terhadap orang-orang lain dan mengasihi mereka. Orang kristen juga dapat mengalami sakit hati. Yesus pernah disakiti, namun Ia tidak membiarkan dirinya sakit hati. Sakit hati tidak salah, tetapi yang dipermasa-lahkan adalah bagaimana caramu menghadapinya. Sakit hati merupakan masalah yang cukup besar, dan jika sakit hati tidak dikendalikan dengan benar maka kepahitan akan timbul. Akhirnya adalah kepahitan, bukan lagi 'sakit hati' inilah yang akan dapat menghancurkan hidupmu.

ROH-PENDAMPING dan SCHIZOPRENIA
Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus, buku yang anda baca ini mungkin yang paling sulit anda selesaikan membacanya. Sungguh, saya bukan sedang membual, sebab pada cetakan terdahulu (berjudul ROH PENDAMPING DAN KEPRIBADIAN RANGKAP) telah terbukti sebagian pembaca tidak mampu menyelesaikan membacanya. Ada pembaca yang terganggu sementara membaca buku itu, sehingga terpaksa menunda pembacaan. Bahkan ada pembaca yang dengan sangat geram mencampakkan buku itu sambil menukas: "Sesat benar isi buku ini!" Hanya oleh tuntunan Roh Kudus, beberapa waktu kemudian mereka tergerak untuk meneruskan membaca, dan akhirnya mendatangi saya atau isteri saya untuk memperoleh pelayanan-pelepasan dari roh-roh jahat yang telah mendampingi dan mengganggu mereka sejak dahulu. Roh-jahat yang telah mempengaruhi mereka sehingga beranggapan bahwa buku ini sesat; suatu siasat agar mereka tidak meneruskan membaca, tidak meminta pelayanan-pelepasan dan tetap dalam cengkeramannya. Berdasarkan fakta itulah saya menganjurkan pembaca untuk membangun tekad terlebih dahulu: bahwa anda bertekad membaca buku ini sampai tammat! Demi kepentingan anda sendiri, saya sarankan anda berdoa, memohon dukungan kuasa Yesus Kristus.

SEPULUH PERSEN SAJA!?
SEPULUH PERSEN; PENYAMPAIAN NABI MALEAKHI
Singkat-singkat saja. Dalam Mal. 3:10 dicatat: “ … Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan dirumahKu dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat bagimu sampai berkelimpahan ….”
Kita catat unsur-unsur pesan yang disampaikan Maleakhi:
WAWASAN PENYAMPAIAN MALEAKHI:
Saudara yang terkasih, ada suatu dalil berkomunikasi yang berlaku di seluruh jagat raya, sah berlakunya:
Setiap pesan harus dipahami
seturut wawasan-berpikir sumbernya!
Begitu pula yang berlaku bagi pesan-pesan yang direkam di dalam Alkitab! Belum tentu semua pesan-pesan disana disajikan seturut wawasan-pikiran manusia! Maka seluruhnya perlu dipahami seturut wawasan-berpikir sumber-nya: (Kerajaan) Sorga!
Dalam Traktat ini kita akan meninjau suatu kasus ‘Persembahan Persepuluhan’ (P10%), dibahas dalam lingkup ‘Persembahan’ secara keseluruhan. Di manakah direkam perintah untuk menyampaikan Persembahan Persepuluhan? Saudara-saudara yang berada di lingkungan Gerja Injili tentu akan cepat menjawab; Dalam Kitab Maleakhi.Persembahan persepuluhan (P.10%)
Dibawa kerumah (perbendaharaan) TUHAN;
Untuk persediaan makanan;

SERBA-SERBI_BAHASA_ROH.pdf
Silahkan anda membaca dan menguji tulisan ini dengan hati yang terbuka dalam tuntunan Roh Kudus, dengan berkat dari Raja Yesus. Semoga anda beroleh kebenaran kendati sangat mengejutkan anda. Berdoalah, dan bersiaplah!

Sejarah Rahasia Jesuit.pdf
Buku ini merupakan terjemahan dan ringkasan dari “The Secret History of Jesuit” karya Edmond Paris. Paris bekerja untuk mengungkapkan tentang Kekatolikan terutama tentang Jesuit. Dia mempertaruhkan nyawanya untuk kemuliaan Tuhan Yesus. Dia selalu menjadi incaran para Jesuit. Bahkan namanya pernah jatuh ke tangan DR. Alberto Rivera, sewaktu dia belum bertobat dan masih menjadi seorang Jesuit.
Dalam buku aslinya memaparkan tentang hubungan yang pararel antara keagamaan dan politik. Edmond Paris mengungkapkan penetrasi dan infiltrasi yang dilakukan Jesuit ke pemerintahan-pemerintahan dan negara-negara di dunia ini untuk memanipulasi sejarah dengan membentuk kediktatoran, dan memperlemah demokrasi seperti yang terjadi di USA, dengan menciptakan anarki di bidang sosial, politik, moral, militer, pendidikan dan keagamaan.

SIAPAKAH_DEBATA.pdf
Silahkan anda membaca dan menguji tulisan ini dengan hati yang terbuka dalam tuntunan Roh Kudus, dengan berkat dari Raja Yesus. Semoga anda beroleh kebenaran kendati sangat mengejutkan anda. Berdoalah, dan bersiaplah!

Tuhan melarang penyembahan kepada ilah-ilah asing [Kel. 20:3-5]. Penyembahan kepada ilah-ilah asing merupakan perzinahan rohani yang menduakan Tuhan [Imamat 20:6]. Siapakah yang termasuk ilah-ilah asing? Ilah-ilah asing adalah ilah, tuhan sembahan bangsa-bangsa [1 Tawarikh 16:26]. Hanya Tuhan yang telah datang sendiri ke dunia ini, Tuhan kita YESUS KRISTUS, sebagai satu-satunya TUHAN pencipta alam semesta yang patut disembah oleh seluruh ciptaan-Nya.

tangan_2.jpg

PERTARUNGAN KEBENARAN
Pertarungan tidak dapat anda hindarkan. Anda harus menghadapi lawan-lawan dari waktu ke waktu, suka ataupun tidak suka! Boleh jadi lawan itu jelas bagi anda. Nampak oleh mata atau indera lainnya. Tetapi adakalanya anda harus menghadapi lawan yang tersembunyi, kendati lawan itu masih manusia. Penyerang gelap. Lawan yang demikian agak sulit ditanggulangi. Sebab sulit dimatai. Dan lebih sulit lagi untuk diajak berbicara!

Buku ini mengajak anda untuk meninjau masalah anda yang lebih pelik dari semuanya itu. Yakni menghadapi lawan-lawan dari waktu ke waktu, suka ataupun tidak suka! Boleh jadi lawan itu jelas bagi anda. Nampak oleh mata atau indera lainnya. Tetapi adakalanya anda harus menghadapi lawan yang tersembunyinya, sehingga tidak dapat ditangkap oleh panca-indera: Iblis! Bagaimana caranya bertarung melawan kuasa-kuasa Iblis yang tidak kelihatan itu? Apakah manusia tidak punya harapan untuk menang? Apakah manusia hanya dapat menyerah saja kepada keadaan?

Saudara pembaca yang saya kasihi,
berbicara mengenai pertarungan, dengan mudah anda dapat mengamati bahwa suatu pertarungan mungkin berlangsung dalam berbagai kawasan. Tiga-medan-pertarungan yang utama dalam kehidupan manusia akan dibahas sekilas dalam Bab ini. Ikutilah.

OOH, PENUMPANGAN TANGAN
Masa kini adalah hujan-penumpangan-tangan di zaman akhir. Kalau Gereja-gereja Tradisional tidak membolehkan sembarang orang menumpangkan tangannya, maka aliran Kristiani yang merebak di masa kini berbeda: semua orang, sampai kepada 'anak-anak-ingusan' dianjurkan melakukan penumpangan-tangan. Pertanyaan mendasar harus dilancarkan:
Mengertikah mereka hakekat-rohani penumpangan tangan ? Apakah anda mengerti hakekat-rohani penumpangan tangan? Tanpa mengerti hakekat-rohani penumpangan tangan, bisa berbahaya! Sekurang-kurangnya anda menjadi seseorang yang tidak tahu urusan; seperti serombongan anka kecil yang bermain-main kerjaan. Menjadi Raja, padahal tidak mengerti hakekat (dan tanggung-jawab) seseorang Raja; kasihan!

PELAYANAN BERLANDASKAN ‘SABDA’ DAN ‘UCAPAN’
Di muka bumi ini sudah terbentuk ratusan Sekte-Kristiani, dengan ragam-ragam pelayanan yang dikenal dan dikembangkan oleh masing-masing Sekte. Untuk beragam-ragam pelayanan yang dikenal, misalnya pelayanan-pertobatan, pelayanan-orang-sakit, pelayanan-pengusiran-setan, dll., beragam pula teknik atau metode pelayanan yang dikembangkan.
Sebagai contoh, untuk satu jenis: pelayanan-pertobatan, dikenal pelbagai ragam metode... Sebagian (sebut saja: Golongan-1) menganggap bahwa jika sudah dibaptis oleh Gereja itu dan menjadi anggota tetap, maka orang itu sudah bertobat. Sebagian lain (Gol.-2) menekankan, bahwa (calon-)petobat itu harus dibaptis dan didoakan oleh Pendeta, untuk pengampunan dari dosa-dosanya. Sebagian lain lagi (Gol.-3) mene-gaskan, perlu (calon-)petobat itu dikenai penumpangan tangan oleh seorang Pendeta yang terbukti pelayanannya diurapi Tuhan. Malah ada (Gol.-4) yang menekankan, penumpangan-tangan itu harus disertai bahasa-lidah! Mungkin ada lagi golongan dengan metode lain, barangkali Gol.-5(?).
Nah, untuk satu urusan, yang bernama pelayanan-pertobatan, ternyata ada beragam metode, padahal Tuhan yang disembah adalah satu: Yesus Kristus. Maka dari (kata-kan saja) lima metode yang dianjurkan oleh lima golongan itu, tentunya hanya satu yang sesuai dengan pikiran Tuhan! Tidak mungkin kelima metode itu tepat dengan pikiran Tuhan Yesus! Atau bahkan kelima metode itu meleset!?
Di manakah kebenaran??

PERSEKUTUAN KAWANAN-KECIL
Luk.12:<31> Tetapi carilah KerajaanNya, maka semu- anya itu akan ditambahkan kepadamu. <32> Janganlah kamu takut, hai kawanan kecil! Karena Bapamu telah berkenan memberikan kamu Kerajaan itu.
Mengapa Yesus mewaspadakan Kawanan-kecil agar jangan takut? Karena banyak pihak dapat dirangsang atau digerakkan oleh Iblis untuk menindas, bahkan memusnahkan Kawanan-kecil!
Jika Kawanan-besar mementingkan acara Kebaktian-bersama ('Whorship', atau Praise & Worship), maka Kawanan-kecil tidak mengenal Kebaktian-bersama, melainkan Persekutuan ('Fellowship')! Sebab persekutuan-lah yang sangat dibutuhkan manusia yang berada di bawah ancaman, bukan kebaktian! Acara Persekutuan Kawanan-kecil kecil dapat dilihat pada Kis.4:23-31;

SURAT TERBUKA KEPADA SEORANG SAKSI YEHOVAH
Saksi Yehovah yang terhormat,

Terima kasih atas kunjungan anda menyampaikan literatur Saksi Yehovah. Orang yang tidak mengenal Tuhan, pasti ada yang langsung membanting pintu. Tetapi saya gembira anda mampir. Saya tertarik akan perkara-perkara rohani dan suka membagikan kebenaran Alkitab pada orang lain.
Perkenankan saya membagikan hal-hal penting tentang Alkitab. Secara tertulis, agar anda dapat mempelajarinya secara hati-hati dan (saya percaya) lebih obyektif.

Tabir-tabir Dusta.pdf
Saya dulu selalu bertanya-tanya bagaimana Iblis bisa menutupi hasil pekerjaannya tepat di depan hidung para pengikut Kristus sehingga mereka tidak sadar apa yang sedang terjadi dan tidak melawan balik. Tetapi Iblis adalah ahlinya dalam menipu dan saya mulai mengerti bagaimana Iblis dengan cerdiknya membentuk tabir-tabir untuk menutupi identitas dari pelacur tersebut.

Ordo Jesuit sudah menanamkan pengaruhnya dan merekalah yang memasang tabir tersebut melalui seminar-seminar teologia, dan jika tabir tersebut disingkapkan kita dapat memandang pelacur tersebut dari sudut pandang yang berbeda. Mereka akan menyangkal, “Oh, tidak, itu kan sesuatu yang akan terjadi di masa depan.” atau “Itu hanya terjadi di masa lampau.” Hal ini dilakukan hanya untuk membingungkan orang Kristen. Saat ini banyak orang yang mempercayainya. Mereka telah ditipu sama seperti saya dulu. Suatu tabir yang sangat mengagumkan. Saya dulu juga bingung, tetapi sekarang saya mengetahui pelacur itu secara keseluruhan dan hal itu mengerikan, saudara.

Tujuan Pergumulan
‘Pergumulan’..., suatu kata yang tidak enak terdengar bagi telinga manusia normal...Tidak enak terdengar; karena sejalan dengan kecenderungan hati manusia: mengejar hidup-sejahtera, bebas dari kesukaran dan masalah. Maka kata ‘pergumulan’ memberi kesan: kesulitan, tidak menyenangkan. Sedapat mungkin dihindarkan.

Pandangan di atas sangat normal. Namun orang Kristen-dewasa, yang hidup di melayani Tuhan Yesus, tentu sudah diajar untuk melihat pelbagai perkara dari sudut pandang Tuhan, bukan pandangan manusia. Tulisan ini mengajak pembaca untuk melihat ‘pergumulan’ dari sudut pandang Tuhan, sudut pandang yang benar!

Buku 1: YESUS RAJASORGA, BUKAN SEKEDAR TUHAN!
Saudaraku yang terkasih, umat manusia sedang memasuki zaman akhir, sehingga Mat.24:14 harus dilaksanakan. Sabda Yesus menetapkan: Injil Kerajaanlah yang harus diberitakan, bukan doktrin agama atau dogma-dogma-sekte! Buku yang anda pegang ini disiarkan dalam upaya memberitakan Injil Kerajaan (Sorga). Dituliskan berlandaskan pemikiran-pemikiran Kerajaan, bukan Ketuhanan. Maka buku ini bukan buku pelajaran agama. Jika seseorang memaksa membaca buku ini dengan wawasan agamawi (Ketuhanan), pasti terjadi benturan-benturan paham di dalam batin, yang akan membawa akibat yang buruk! Buku ini juga tidak bermaksud untuk mengkritik sekte-sekte, karena setiap sekte memiliki bagian kebenarannya sendiri-sendiri dalam wawasan Ketuhanan. Tugas penulis: menyajikan kebenaran Kerajaan Sorga, tanpa itikad berbantahan dengan paham agamawi manapun! Maka para Pembaca yang puas dengan wawasan Agamawi atau Ketuhanan, tidak perlu melanjutkan membaca buku ini.

Buku 2: MISTERI ‘DOA’ BAPAKAMI

Buku 3: MISTERI KEDURHAKAAN TERHADAP SORGA

Buku 4: MISTERI ‘HUKUM’ KERAJAAN SORGA

Buku 5: MAHKAMAH KERAJAAN SORGA

PANDUmasukKRJSORGA.doc
Pembaca yang saya kasihi;
saudara sedang memegang sebuah Buku Panduan yang akan meningkatkan spiritualitas kehidupan anda. Dampaknya mungkin jauh lebih menguntungkan dari buku-buku yang pernah anda baca, sebab saudara akan dipandu memasuki Kerajaan Sorga sejak masih hidup di bumi ini. Gagasan ini sajapun mungkin membangkitkan teka-teki bagi saudara, tetapi jika anda dengan tulus hati membacanya, segala teka-teki itu akan menjadi jelas kelak.
Pada pihak lain, jika saudara tidak bersungguh-sungguh haus akan kebenaran Kristus, serta membacanya tidak dalam ketulusan, maka pembacaan Buku Panduan ini mungkin berdampak merugikan
Jika, saya ulangi, jika, saudara menganggap sudah memiliki kebenaran yang sungguh, lalu saudara tidak ingin digoyahkan dari kebenaran saudara, disarankan agar saudara tidak usah melanjutkan membaca Buku ini. Sebab Buku Panduan ini, sesuai namanya, hanya berguna bagi mereka yang dengan rendah hati mau memasuki kebenaran Injil Yesus Kristus yang akan disampaikan oleh Buku Panduan ini.
Buku Panduan ini akan menyingkapkan kepada Pembaca beragam misteri dari Injil Kerajaan Sorga, yang sangat boleh jadi belum pernah saudara dengar atau bayangkan.

MEMPERCAYAKAN DIRI dan MENAKLUKKAN DIRI
BUKU KECIL INI
HANYA BERMANFAAT BAGI
MEREKA YANG SUNGGUH-SUNGGUH
MAU MENAKLUKKAN DIRI KE BAWAH
KEDAULATAN RAJA YESUS KRISTUS!
YANG TIDAK CUKUP RENDAH-HATI,
DISARANKAN MENYINGKIRKAN SAJA
BUKU-KECIL INI, SEBAB PEMBACAANNYA
MEMBANGKITKAN TANTANGAN BERAT
ATAS KEBANGGAAN
PRIBADI ANDA !

MENAMBAH PENGENALAN AKAN TUHAN YESUS
Banyak orang Kristen yang mengaku bahwa ia bertuhan kepada Yesus Kristus. Tetapi ia tidak dapat menjelaskan mengapa Yesus disebut Tuhan, YangMahaPencipta dan Raja Sorga. Mengapa? Karena ia dilahirkan ditengah-tengah orang Kristen, maka ia menjadi Kristen. Karena agama Kristen bertuhan kepada Yesus, maka iapun bertuhan kepada Yesus. Seandainya nama Tuhan agama Kristen “Mr X”, maka iapun akan bertuhan kepada “Mr X”.

Seorang penetua pernah mengeluhkan penyesalannya, karena ia tidak mampu menjelaskan siapa Tuhan Yesus kepada satu keluarga non- Kristen yang pernah mendatanginya untuk meminta penjelasan tentang Tuhan Yesus. Pada hal keluarga non-Kristen itu sudah ingin menjadi pengikut Tuhan Yesus.

Banyak orang Kristen yang tidak dapat mempertanggungjawabkan imannya, sehingga ketika ada seseorang menuduhnya bertuhan ke- pada manusia, ia tidak dapat memberikan sanggahan atas tuduhan itu?

Proposal BibleCamp Medan 2007
Proposal dan Detail penyelenggarakan Bible Camp di Medan 2007