Sihirrrr (Sorcery)

Ada beragam pemahaman tentang „penginjilan‟. Kebanyakan pemahaman menganggap bahwa penginjilan adalah sekedar pemberitaan bahwa Yesus adalah sekedar Juruselamat, Yang ingin membawa kita kepada kehidupan kekal. Ini tidak keliru, masih menuntun orang kepada Yesus, namun kurang mengena kepada hakekat yang sesungguhnya, yang akan dibahas singkat dalam Bab ini.

Contoh penginjilan yang meleset adalah pemberitaan bahwa setiap orang yang mau beroleh hidup-kekal harus menjadi anggota Gereja tertentu. Bertentangan dengan anggapan ini, dari Kitab Perjanjian Baru (PB) segera dapat dijumpai orang-orang yang selamat, kendati tidak menjadi umat Kristiani, dan tidak pernah mengunjungi Gereja. Misalnya Zakeus, dinyatakan beroleh keselamatan oleh Yesus dalam Luk.19:9, padahal tidak tercatat bahwa Zakeus pernah dibaptis dengan air, juga tidak pernah beribadah ke Gereja (Pada masa itu belum ada bangunan gedung Gereja, bukan?) Juga seorang penjahat yang disalib di samping Yesus [Luk.23:39-43] dinyatakan beroleh Firdaus oleh Yesus, padahal penjahat itu tidak pernah tercatat dibaptis dengan air, juga tidak pernah beribadah di gereja.

Lebih menyedihkan lagi, ada yang menginjil secara memberitakan bahwa orang harus dibaptis dengan cara tertentu, baru beroleh selamat. Atau bahkan harus disunat, kembali kepada kepercayaan Yahudi, ini bahkan terdapat sejak masa Kis.15:1-3, padahal sunat Yahudi sudah diabaikan atau ditinggalkan oleh para Rasul Yesus di abad pertama.

Sihirrrr (PDF)

Comments are closed.

Post Navigation